Selasa, 12 Mei 2015

RUIT CAKE KUKUS


Bahan Buah-buahan:
1. 200 gram kenari, dipotong dua
2. 75 gram cherries merah dibelah empat
3. 10 buah pruimen dipotong-potong
4. 5 sendok makan Brandi atau rhum
5. 300 gram gula halus
6. 600 gram tepung terigu
7. 1 sendok teh baking powder
8. 150 gram gula pasir buat karamel
9. 4 sendok makan madu
10. 2 sendok teh cream oftartar
11. 400 gram kismis
12. 75 gram cherries hijau dibelah empat
13. 10 buah kurma, dipotong-potong
14. 400 gram margarine
15. 10 kuning telur
16. 2 sendok makan susu bubuk
17. 1 sendok teh vanilie
18. 2 sendok makan air
19. 8 putih telur

Cara membuatnya:
1. Rendam buah-buahan (kecuali kenari) dengan rhum atau brandy. Biarkan kurang lebih 1 jam. (Bagi yang suka bisa direndam semalam)

2. Dalam mangkuk terpisah, kocok margarine dan gula halus sampai putih. Kemudian masukkan kuning telur satu persatu sambil dikocok sampai putih. Setelah itu masukkan terigu, susu, baking powder, dan vanilie aduk perlahan sampai rata.

3. Kemudian buat karamel, 
caranya: taruh gula pasir dalam wajan yang tebal, panaskan wajan diatas api sedang. Biarkan gula meleleh dan warnanya kuning kecoklat-coklatan (jangan diaduk), setelah itu angkat dari atas api, kemedian beri 2 sendok makan air. Taruh lagi diatas api kecil, aduk perlahan-lahan sampai gula larut benar. Angkat

4. Campur karamel dengan madu, kemudian masukkan kedalam adonan tadi, aduk. Setelah itu campurkan kedalamnya kenari dan buah-buahan yang sudah direndam. Aduk perlahan-lahan sampai rata.

5. Kocok putih telur dengan cream of tartar sampai kaku, kemudian masukkan kedalam adonan diatas, aduk sampai rata.

6. Tuang adonan kedalam loyang yang berlubang tengahnya (garis tengah, 26 cm dan sudah dioles margarine). Tutup atasnya dengan kertas roti atau kertas minyak supaya air kukusan tidak menetes kedalam kue.

7. Kukus kurang lebih 2 jam dengan api yang sedang.

CATATAN: 
Karamel sebaiknya dibuat mendadak, kemudian setelah dicampur dengan madu langsung dimasukkan kedalam adonan supaya karamel tidak mengeras. Air mengukus harus banyak supaya tidak kehabisan. Kue bisajuga dipanggang, tapi kue yang dikukus tahan disimpan dalam lemari es selama 3 bulan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar