Minggu, 10 Mei 2015

KUE LAPIS SURABAYA


Bahan untuk bagian kuning:
1. 10 kuning telur
2. 115 gram gula halus
3. 1/2 sendok teh vanila
4. 50 gram  tepung terigu
5. 125 gram mentega, dikocok sampai putih


Bahan untuk bagian coklat: 
1. 10 kuning telur
2. 125 gram gula halus
3. 1/4 sendok teh vanili
4. 35 gram tepung terigu
5. 15 gram bubuk coklat
6. 125 gram mentega dikocok

Bahan untuk mengoles:
Selai secukupnya

Cara membuatnya:
1). Kocoklah kuning telur bersama gula dan vanili sampai putih dan kental. Masukkan tepung sambil diayak supaya tidak berbutir, sementara itu adonan diaduk pelan-pelan lalu masukan mentega yang sudah dikocok.

2). Tuang kan adonan kedalam loyang (ukuran 22 x 22 cm) yang sudah diberi alas kertas dan diolesi mentega dan ditaburi tepung terigu.

3). Panggang dalam oven yang sudah dipanaskan terlebih dahulu sampai  panas sedang(180 Derajat Celcius). Setelah warnanya kuning kecoklat-coklatan angkat.

4). Kerjakan bagian coklat dengan cara yang sama.

5). Buatlah 3 kue untuk satu susunan lapis Surabaya. Variasi  tergantung selera. Bisa 2 bagian kuning dan 1 bagian coklat ditengah, bisa 2 bagian coklat dan 1 bagian kuning ditengah.

Cara menyusun: Letakkan 1 bagian kue, olesi atasnya dengan selai, lalu letakan kue warna lain-lain, olesi lagi dengan selai. Terakhir sekali tutup dengan kue yang sama dengan selai. Terakhir sekali tutup dengan kue yang sama dengan kue alas. Lalu tekan-tekan sedikit supaya melekat dengan baik. Jika ingin rapi menghidangkannya, irislah bagian pinggir kue, baru dipotong-potong menurut selera.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar