Kamis, 18 Juni 2015

KADAS

Penyakit kadas disebut pula kadas-kudis, penyakit ini hampir seperti panu tetapi lebih sakit dan gatal, bahkan sampai kemerah-merahan. 
Penyakit ini tidak mau kompromi kalau sudah gatal-gatal, biasanya penderita ingin segera menggaruk-garuk untuk mengurangi gatal-gatal.

Perlu diperhatikan:
a). Jangan digaruk-garuk atau dikerik karena mudah sekali infeksi.
b). Jangan pinjam meminjam pakaian kepada penderita penyakit kadas-kudis.
c). Usahakan pakaian tempat tidur dan lingkungan yang bersih dan kena sinar matahari.
d). Jangan mandi dikali atau pemandian umum yang airnya tercemar.
e). Usahakan makanan yang sehat dan bergizi.

Pengobatannya:
a) Laos yang masih segar di iris-iris untuk menggosok-gosok sampai hilang rasa gatal tersebut.

b) Belerang ditumbuk halus-halus tambah sedikit minyak kelapa, gosokkan pagi dan sore secara teratur sampai sembuh betul.

c) Ambillah daun nongko londo (srikoyo) beberapa lembar, ditumbuk sampai halus dicampur dengan air kapur sirih. Gosokkan dimana yang sakit terutama pada malam hari. Lakukanlah berulang-ulang

d) Ambillah brotowali panjang 5-6 cm. Beberapa dan minyak kelapa secukupnya, lembutkan diaduk sampai rata, dapat dipakai untuk mengobati dengan digosokkan atau dioleskan berulang-ulang.

e) Brotowali secukupnya direbus dengan air yang bersih, setelah mendidih didinginkan dapat diminum sebagai obat, supaya tidak terlalu pahit dapat dicampur dengan madu.

f) Dapat pula dengan daun randu yang masih muda kita bersihkan ditumbuk sampai halus dapat ditambah dengan sedikit garam dioleskan berulang-ulang sampai rata.

Perlu diingat:
Kerjakan berulang-ulang pagi dan sore, karena penyakit ini harus telaten dan menghendaki perawatan yang berkesinambungan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar