Senin, 20 April 2015

DI BALIK SENSASI SODA

"TAUKAH ANDA..!!,ADA APA SEBENARNYA DI BALIK SENSASI SODA". 

Kalau soal minuman bersoda sih semua orang pastinya tahukan, apalagi kalau minuman yang satu ini dicampur dengan es batu Hemmm.. Seger benerr pokoknya deh. 
Apalagi kalau pas panas-panas pasti maunya minum soda dingin haus hilang seketika deh. Sensasi soda memang beda di lidah dan tenggorokan.
Boleh-boleh saja kita mengonsumsinya lagipula, siapa yang tahan godaan minuman soda, kan? tapi kalau dikonsumsi berlebihan, kandungan dalam soda seperti kafein, gula dan fosfat bisa membahayakan tubuh kita, tuh.


JANGAN TERTIPU!
walaupun ada tulisan No Calory atau Sugar Free, bukan berarti  penderita diabetas atau yang lagi diet terbebas dari gula. Karena, di dalamnya ada pemanis buatan yang lebih manis ratusan kali lipat dari pada gula asli.
Makanya kalori yang tercantum dalam komposisi berangka kecil, tapi manisnya sama dengan soda biasa. Sst... pemanis buatan punya efek samping seperti pusing, perubahan mood, reaksi pada kulit dan masih banyak lagi. 


GINJAL
Soda mengandung gas yang bisa menggangu daya saring ginjal dan bisa menurunkan produktivitas dalam menghasilkan urine. Kalau jumlah urine sedikit, pastinya akan lebih pekat daripada urine normal dan bisa menyebabkan batu ginjal di kandung kemih.

LAMBUNG
Belum makan sudah menenggak soda? wah, bisa-bisa menyebabkan maag kronis, tuh! Soalnya, soda menimbulkan luka akibat tercampurnya gas dengan asam lambung. Minum soda berlebihan juga bisa menambah beban kerja lambung, tuh.

TENGGOROKAN 
Setuju, kalau minuman soda bisa menghilagkan dahaga saat berpanas-panasan. Namaun efeknya cuma sementara, tuh, karena sebenarnya tenggorokan kita akan luka jika sering meminumnya. Tnggorokan juga terasa kering dan panas.

TULANG
Suka melihat gelembung-gelembung dalam soda? gelembung ini disebabkan adanya kandungan asam fosfor.
Dibalik sensasi tersebut, sebenarnya tulang kita sedang digerogoti yang akhirnya jadi rapuh dan berbentuk seoerti pori-pori. Nggak mau, kan, terkena osteoporosis dini.

GIGI
Sama saja kayak makan permen terus-terusan, rutin meminum soda juga bis merusak gigi., kadar gulanya tinggi, sih, Menurut para ahli, soda membuat enamel gigi sedikit-demi sedikit terkikis karena kandungan asam sitrat di dalamnya.

OTOT
Selain tulang, otot juga bisa kena dampaknya. Jika kita minum soda dua liter per hari, bikin kadar kalium dalam darah menurun. Dampaknya, nih, badan kita jadi lemas, suka keleyengan dan lemah, otot bergerak terbatas dan nggak bisa angkat beban agak berat.

SUSAH TIDUR
Kafein di dalamnya bikin tekanan darah tinggi dan detak jantung nggak teratur. Yang pasti akan menimbulkan ketidaknyamanan pada diri kita. Hasilnya, harus rela begadang gara-gara susah tidur.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar