Selasa, 21 April 2015

BANJIR KERINGAT

Apabila mengalami bau badan (BB) yang sangat mengganggu. Suhu tubuh mudah panas, bahkan setelah mandi pun langsung berkeringat. Padahal berbagai cara sudah dilakukan, mulai dari mencukur bulu ketiak, memakai deodoran, sampai minum obat tradisional. Bagai mana cara mengatasinya? 

Problem BB atau bau badan terjadi karena keringat bercampur dengan bakteri. Sedangkan keringat berlebih disebabkan gangguan hormon, gangguan saraf simpatis, atau karena gangguan pada kelenjar keringat. Makanan juga mempengaruhi jumlah keringat yang keluar, karena keringat dikeluarkan  dari proses metabolisme tubuh.

Keringat berlebihan juga timbul sebagai efek samping dari mengonsumsi obat-obatan tertentu, salah satunya overdosis obat nyeri. Keringat juga dapat terus keluar karena terpicu setres, emosi atau aktivitas intens seperti olahraga. kurangi konsumsi bawang, minuman berkafein, alkohol, serta makanan pedas.

Jika keringat terlalu banyak, atasi dengan metode lontoforesis (perangsang arus listrik untuk melumpuhkan aktivitas kelenjar keringat). Atau suntikan botox untuk mengurangi aktivitas saraf simpatis dalam kelenjar keringat. Untuk mengatasi bau badan atau BB, gunakan deodoran yang mengandung antiprespiran.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar